"Akankah PDIP Egois? untuk Mengalahkan Ahok, Harus Mengorbankan Surabaya!

shares |

"Akankah PDIP Egois? untuk Mengalahkan Ahok, Harus Mengorbankan Surabaya!

AMIMAZDA.COM - ""Akankah PDIP Egois? untuk Mengalahkan Ahok, Harus Mengorbankan Surabaya! JAKARTA; Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini digadang-gadang menjadi pesaing berat bakal calon petahana, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

Dalam survei "Opinion Leader" dari Laboratorium Psikologi Poltik UI, Risma pun ketat bersaing dengan Ahok dari segi kapabilitas. Ahok mendapat skor 7,87. Disusul Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini 7,77 dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil 7,74.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhatadi mengungkapkan Risma bisa jadi rival Ahok bila diboyong Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ke DKI Jakarta.

Burhanudin melihat ada dua faktor terkait sikap PDI-P saat ini terkait Risma. Faktor pertama terkait momentum. PDI-P dinilai masih menunggu momentum tepat untuk menentukan pilihannya, terutama terkait Risma.

"Ini juga tegatung momentum, apakah jauh-jauh hari seperti PKS dan Gerindra? Atau Golkar, Hanura dan Nasdem di sisi lain? Atau last minute pengumuman?" kata Burhanudin saat rilis survei "Opinion Leaders" di Jakarta Pusat, Senin (1/8/2016).

Faktor lain adalah pertimbangan suara PDI-P di Surabaya. Surabaya, kata Burhanudin, adalah salah satu basis suara PDI-P. Jika Risma dibawa ke Jakarta dinilai cukup berisiko bagi pemilih PDI-P di Kota Pahlawan tersebut.

"Kenapa kita warga Jakarta begitu selfish, untuk mendapatkan pilihan best of the best harus mengorbankan warga Surabaya. Ini saya rasa harus dipertimbangkan," kata Burhanudin.

Selain itu, memboyong ke Jakarta juga mempertaruhkan nasib Risma. Secara aturan, Risma harus mengundurkan diri dari posisi wali kota bila ikut Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Kalau kalah, Risma hilang dua kali. Kalah di Jakarta dan meninggalkan Surabaya. Pada saat yang sama dia terlanjur janji tidak akan meninggalkan Surabaya," ungkap Burhanudin.
Loading...

Related Posts