Hadiri di Sidang Sanusi, Taufik: Saya Yakin Adik Saya Tak Bersalah!

shares |

Hadiri di Sidang Sanusi, Taufik: Saya Yakin Adik Saya Tak Bersalah!

AMIMAZDA.COM - JAKARTA; Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik tampak hadir di Ruang Sidag Koesoemah Atmadja, Pengadilan Tipikor Jakarta.

Taufik yang merupakan kakak kandung anggota DPRD DKI Mohamad Sanusi hadir untuk mendampingi sang adik menjalani sidang perdana perkara suap dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta itu mengenakan kemeja berwarna biru. Politikus Gerindra itu terlihat duduk di belakang Sanusi sebelum sidang beragenda pembacaam dakwaan dimulai.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI itu mengaku datang untuk mendukung Sanusi menjalani sidang. "Ya semoga berjalan lancar," kata Taufik, Rabu (24/8).

Pria yang dulu pernah tersangkut kasus korupsi di KPU DKI Jakarta itu pun percaya diri adiknya tidak bersalah menerima suap dari Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja.

Dia berharap dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap Sanusi tidak terbukti. "Insya allah enggak," ujarnya.

KPK menetapkan Sanusi sebagai tersangka dalam dua kasus. Di kasus pertama, adik dari wakil ketua DPRD DKI M Taufik itu disangka menerima suap sebesar Rp 2 miliar dari mantan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land, Ariesman Widjaja.

Suap diberikan agar Sanusi selaku anggota dewan sekaligus badan legislasi daerah (balegda) mengakomodir pasal-pasal yang diinginkan Ariesman dalam draf Raperda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta (RTRKSP). Raperda tersebut merupakan payung hukum pembangunan reklamasi yang salah satunya dikerjakan anak usaha APL, PT Muara Wisesa Samudera.

Dalam pengembangannya, KPK menetapkan Sanusi sebagai tersangka dugaan TPPU. Sejumlah aset Sanusi telah disita KPK, di antaranya berupa kendaraan mewah dan bangunan.

Aset yang telah disita antara lain bangunan Muhammad Sanusi Center di Condet, Jakarta Timur; rumah di Jalan Saidi, Cipete, Jakarta Selatan; unit apartemen di Soho Pancoran, Jakarta Selatan, serta aset Sanusi di Vimala Hills Gadog, Bogor.

Sementara kendaraan yang telah disita yaitu mobil Audi dan Jaguar bernomor polisi B-123-RX. (put/jpg/jawapos/amimazda.com)
Loading...

Related Posts