Tolak Proyek Tol Jombang-Mojokerto, Warga Tebar Kotoran Manusia di Jalan

shares |

Tolak Proyek Tol Jombang-Mojokerto, Warga Tebar Kotoran Manusia di Jalan

AMIMAZDA.COM - Sejumlah warga asal Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, memblokade akses menuju jalan tol Jombang-Mojokerto dengan menebar kotoran manusia di atas jalan, Rabu (31/8/2016).

Itu dilakukan untuk menghadang pelaksanaan eksekusi lahan tol Jombang-Mojokerto (Joker) Seksi 2 yang rencananya dilakukan hari ini. Mereka juga mengancam bunuh diri dengan meledakkan tabung gas elpiji.

"Kami sekeluarga siap mati jika penggusuran tetap dilaksanakan," ujar Dentok, warga Desa Watudakon.

Dentok menambahkan, warga menolak esekusi lahan tol tersebut karena uang ganti rugi (UGR) terlalu murah, yaitu hanya Rp 100.000-Rp 300.000 per meter persegi.

"Selain itu, proses musyawarah belum dilalui. Pengukuran dan tanah yang dilakukan oleh Badan Pertahanan Nasional (BPN) dan aparatur desa juga kurang transparan," imbuhnya.

Dia menambahkan, surat pemberitahuan eksekusi lahan lahan juga baru diterima warga pada Senin (29/8/2016) lalu, sehingga warga tidak punya cukup waktu untuk mengosongkan rumahnya.

Eksekusi lahan tol Joker Seksi 2 sendiri meliputi 5 kecamatan, yakni Kecamatan Kesamben meliputi Desa Kedungmlati 46 bidang, Desa Watudakon 39 bidang, Desa Blimbing 21 bidang dan Desa Carangrejo 3 bidang.

Kecamatan Sumobito meliputi Desa Kendalsari 54 bidang, Kecamatan Tembelang meliputi Desa Kedunglosari 5 bidang, Kecamatan Peterongan meliputi Desa Tengaran 1 bidang, serta Kecamatan Bandarkedungmulyo meliputi Desa Brodot 3 bidang.

Tol Joker terbagi empat seksi dengan panjang total 40,5 kilometer. Seksi 1 terbentang mulai Kecamatan Bandarkedungmulyo hingga Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang. Ruas sepanjang 14,7 kilometer ini sudah resmi dioperasikan sejak Oktober 2014.

Seksi 2 sepanjang 19,9 kilometer terbentang mulai Kecamatan Tembelang hingga Desa Pagerluyung, Kecamatan Gedek, Kabupaten Mojokerto. Hingga kini, pengerjaan fisik dan pembebasan lahan masih dilakukan.

Seksi 3 mulai Desa Kemantren, Kecamatan Gedek, hingga Desa Canggu, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. Ruas sepanjang 5 kilometer ini dalam proses pengerjaan. Ruas tersebut akan menghubungkan tol Jombang-Mojokerto dengan tol Sumo (Surabaya-Mojokerto).

Untuk Seksi 4 berada di ruas Desa Brodot-Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang. Ruas terakhir ini akan menghubungkan tol Joker dengan tol Soker (Solo-Kertosono).

Loading...

Related Posts