Ahok Ingatkan Penjual Hewan Kurban Tak Ganggu Lalu Lintas, Ridwan Saidi Meradang!

shares |

Ahok Ingatkan Penjual Hewan Kurban Tak Ganggu Lalu Lintas, Ridwan Saidi Meradang!

AMIMAZDA.COM -  Jakarta Jelang Hari Raya Idul Adha, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengingatkan agar penjualan hewan kurban tidak mengganggu lingkungan dan lalu lintas.

"Ya peraturannya enggak boleh mengganggu lalu lintas. Nanti kami tugasi para wali kota," kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Jumat (2/9/2016).

Ahok juga mengingatkan, pemotongan hewan kurban harus steril dan tak boleh di sembarang tempat. Ahok berpegang pada Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 168 Tahun 2015. Di situ juga diatur tentang pemotongan hewan kurban.

"Di Arab saja enggak ada potong hewan yang darahnya tercurah di tanah kok, bagaimana," ujar Ahok.

Terkait cara penjualan hewan kurban, kata Ahok, baik online maupun tidak, dia membebaskan saja selama mentaati aturan.

"Ya bebas-bebas saja. Ingub-nya mau online juga boleh. Yang enggak boleh itu potong hewan sembarangan, darah enggak boleh tercurah ke tanah karena bisa menyebarkan penyakit," pungkas Ahok.

Di sisilain Beberapa kalangan merasa kecewa dengan Kebijakan yang di lontarkan oleh ahok.

Tokoh dan budayawan Betawi, Ridwan Saidi mengatakan, apa yang dilakukan Ahok sangat tidak bijak. Yakni membatasi warganya untuk mencari nafkah.   
"Mereka ini bukan orang yang mencari kaya, tetapi hanya sekedar mencari tambahan buat makan," ‎kata Ridwan, Minggu (4/9).

Apalagi, menurut mantan Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) ini, berjualan hewan kurban merupakan bagian dari budaya dan ritual umat Islam untuk  melaksanakan ibadah di bulan haji.‎
"Memangnya ‎kita bernegara dan berpemerintah ini mau ngapain sih? ‎Begini saja, yang mesti dilihat, dalam setahun berapa hari sih pedagang (jualan) hewan kurban? Paling cuma beberapa hari kan dalam setahun‎," cetus Ridwan.
Loading...

Related Posts