Menhub: Pembangunan Pelabuhan Internasional di Kalbar Dimulai Akhir 2016

shares |

Menhub: Pembangunan Pelabuhan Internasional di Kalbar Dimulai Akhir 2016

AMIMAZDA.COM - Pembangunan pelabuhan internasional di Pantai Kijing, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat rencananya akan mulai dibangun pada akhir 2016.

Hal ini diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerja di Pelabuhan Dwikora, Pontianak, Jumat (2/9/2016).

Kijing dipilih sebagai lokasi pelabuhan karena bisa dimasuki kapal yang memiliki draf hingga 14 meter.

"Kalau di sini (Pelabuhan Pontianak) drafnya cuma 4 meter. Di sana (Kijing) nanti bisa mencapai 14 meter," ujar Budi, Jumat (2/9/2016).

Ke depannya, pelabuhan internasional tersebut akan menjadi penghubung dengan kapasitas yang besar. Sehingga pengiriman barang dari luar negeri bisa langsung dibawa menuju ke Kalbar.

Sesuai dengan program pemerintah dalam meningkatkan sektor maritim, pembangunan ini diharapkan sebagai salah satu upaya dalam menekan biaya logistik agar terjangkau masyarakat.

Untuk itu, maka jalur maritim dari barat ke timur harus dipersiapkan infrastrukturnya, termasuk pelabuhan.

"Akhir tahun ini akan dimulai pembangunannya, dan diperkirakan akan selesai dalam dua hingga tiga tahun ke depan," ucapnya.

Selain itu, pelabuhan tersebut juga akan dibangun pusat logistik berikat (PLB) yang merupakan implementasi dari paket kebijakan ekonomi kedua yang diterbitkan pemerintah bulan September 2015 yang lalu.

"Akan kita tata karena memang wilayah Kalimantan ini luas, akan dijadikan sebagai salah satu pusat logistik berikat dan industri," kata Budi.
Loading...

Related Posts