Pemerintah Harus Glontorkan Dana Rp 800 miliar Jika Ingin Meneruskan Proyek Mangkrak Warisan SBY

shares |

Pemerintah Harus Glontorkan Dana Rp 800 miliar Jika Ingin Meneruskan Proyek Mangkrak Hambalang

AMIMAZDA.COM - Jakarta - Tim Teknis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) telah menyelesaikan audit atas proyek Pusat Pendidikan dan Pelatihan dan Sarana Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Hasilnya, meski berdiri di atas tanah dengan kontur sedikit rawan, proyek tersebut masih bisa dilanjutkan.

Dari total 22 bangunan yang ada di proyek Hambalang Tim Teknis Kementerian PUPR mengusulkan agar di tahap awal 14 di antaranya dilanjutkan. Namun menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam kunjungan ke P3SON Hambalang kemarin (4/9) menginstruksikan bahwa sebagai langkah awal untuk fokus kepada 8 bangunan terlebih dulu.

Lalu berapa biaya yang dibutuhkan untuk melanjutkan proyek Hambalang?

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto mengatakan dari hasil penelitian awal, untuk memperbaiki sistem drainase dan perkuatan struktur banguanan diperlukan setidaknya Rp 240 miliar. Apabila seluruh bangunan akan dilanjutkan, maka biaya yang diperlukan sekitar Rp 800 miliar. 

Sementara jika hanya 8 bangunan, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 550 miliar. 

"Kalau untuk semua bangunan sekitar Rp 800 miliar, kalau hanya 8 mungkin sekitar Rp 550 miliar. Kalau 14 bangunan perlu Rp 650 miliar" kata Arie dalam keterangan tertulis yang dikirim Kementerian PUPR ke redaksi detikcom, Senin (5/9/2016).

Menurut Arie, detail kajian soal kelanjutan proyek Hambalang ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2016 ini. Sehingga diharapkan awal 2017 proyek Hambalang yang sempat mangkrak ini sudah bisa mulai dibangun kembali. Ditargetkan kelanjutan proyek Hambalang ini sudah bisa selesai pada 2018. 
(erd/asp/detik/amimazda.com)
Loading...

Related Posts