PKB Ancam Cabut Dukungannya jika Sandiaga Pilih Wakil dari PKS

shares |

PKB Ancam Cabut Dukungannya jika Sandiaga Pilih Wakil dari PKS

AMIMAZDA.COM -  JAKARTA; Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengancam akan mencabut dukungannya terhadap calon gubernur dari Partai Gerindra, Sandiaga Uno, apabila Sandiaga memilih calon wakil gubernur dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Kami akan alihkan dukungan dan akan buat poros baru," kata Wakil Ketua DPW PKB DKI Jakarta Abdul Azis saat dihubungi Kompas.com, Jumat (9/9/2016).

Menurut Azis, partainya masih memungkinkan untuk membentuk koalisi dengan partai lain, mulai dari Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), atau Partai Amanat Nasional (PAN).

"Tinggal nunggu titik temu saja," ujar dia.

Beberapa waktu lalu, PKB mendeklarasikan dukungannya untuk Sandiaga. Setelah itu, pengurus Gerindra dan PKB bersama-sama mengadakan fit and proper test terhadap calon wakil Sandiaga.

Ada dua orang yang ikut dalam tes itu. Keduanya sama-sama birokrat Pemprov DKI, yakni Sekretaris Daerah Saefullah dan Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Sylviana Murni.
Meski bukan kadernya, PKB sampai sejauh ini tampak tak keberatan dengan nama Saefullah dan Sylviana.

Sampai akhirnya, muncul kabar bahwa PKS tengah menyodorkan nama salah satu kadernya, Mardani Ali Sera kepada Gerindra. Baca: Dipasang PKS Jadi Cawagub Sandiaga, Mardani: Kami Ingin DKI yang Manusiawi

Di DPRD DKI, Gerindra memiliki 15 kursi, PKS 11 kursi, dan PKB 6 kursi.

Adapun jumlah minimum kursi untuk partai atau gabungan partai yang ingin mengusung pasangan cagub dan cawagub adalah 22 kursi.
Loading...

Related Posts