Ratna Sarumpaet Gugat KPK ke PN Jakpus untuk Kasus Sumber Waras dan Reklamasi

shares |

Ratna Sarumpaet: Gugat KPK ke PN Jakpus untuk Kasus Sumber Waras dan Reklamasi

AMIMAZDA.COM - Jakarta - Ratna Sarumpaet bersama 15 orang lainnya mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus). Mereka ke pengadilan untuk menggugat KPK karena dinilai melakukan pembiaran terhadap kasus Sumber Waras dan Suap Raperda Reklamasi.

"Kita ada 15 orang, saya, Said Iqbal (Presiden KSPI), Ahmad Dhani dan teman-teman, mendaftarkan gugatan kepada KPK yang dianggap melakukan pembiaran," ujar Ratna di PN Jakpus, Jl Bungur Besar Raya, Kemayoran, Selasa (6/9/2016).

Pembiaran yang dimaksud Ratna terkait 2 kasus yang ditangani KPK, yakni kasus RS Sumber Waras dan Reklamasi Pantai Utara Jakarta. Menurut Ratna, kedua kasus ini berhubungan langsung dengan Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Kasusnya 2, reklamasi sama Sumber Waras. Yang Cengkareng itu ke Bareskrim, yang lapor Ahok, yang kita persoalkan KPK-nya," kata Ratna. 

Lantas mengapa Ratna menggugat KPK ke PN Jakpus? Padahal secara administrasi lokasi KPK berada di Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

"Jadi kan begini, tergugat kan KPK. Turut tergugatnya kan di Jakarta Pusat seperti KPUD, Dinas Perumahan dan kebanyakan mereka berdomisili di Jakpus," ucap Ratna.

"Karena mungkin seksi saja, ingin saja ke (PN) Jakarta Pusat masa ke (PN) Jakarta Selatan terus," imbuh Ratna.

Menurut Ratna, sesuai Pasal 22 UU KPK tahun 2000, KPK diharuskan memberikan pertanggungjawaban pada publik tentang yang mereka persoalkan.

"Ada 2 kasus Ahok seperti menguap tanpa penyelesaian. Hanya karena ketua (ketua KPK, Agus Rahardjo) mengatakan belum ditemukan niat jahat jadi seolah-olah tidak ada, kita minta pengadilan mendesak KPK jelaskan pada publik," ujar Ratna.

Hingga pukul 10.30 WIB, Ratna bersama beberapa orang sedang berada di lantai 5 untuk mendaftarkan gugatannya. Ke pengadilan, Ratna juga membawa beberapa berkas, seperti fotokopi bukti laporan kasus Sumber Waras ke KPK.

(rii/rvk/detik/amimazda.com)
Loading...

Related Posts