Sri Mulyani ke DPR: Tolong Jaga Reputasi dan Integritas Kemenkeu

shares |

Sri Mulyani ke DPR: Tolong Jaga Reputasi dan Integritas Kemenkeu

AMIMAZDA.COM - Jakarta -Situasi panas tidak terhindarkan dalam rapat kerja antara Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Ini terjadi saat menyepakati kesimpulan soal program pengampunan pajak atau tax amnesty dan pemangkasan anggaran.

Dari Komisi XI muncul usulan yang berbunyi 'terkait dengan rencana pembangunan/proposal/aspirasi yang disampaikan pemda yang merupakan Dapil (Daerah Pemilihan) Anggota Komisi XI DPR RI kepada Kemenkeu. Komisi XI DPR RI meminta kepada Menteri Keuangan untuk mengkomunikasikan kepada anggota dari Dapil tersebut sesuai peraturan perundang-undangan'.

Sri Mulyani jelas menolak usulan tersebut. Namun penjelasan halus yang disampaikan tidak membuat para anggota dewan mengerti. Sehingga perdebatan panjang menjadi tidak terhindarkan.

"Saya berhati-hati kalau mengkomunikasikan apa, apa konotasinya mereka memenuhi suatu ikatan yang perlu. Ada masalah legalitas, etika dan lainnya semuanya sama. Semua penting," ungkap Sri Mulyani dalam rapat kerja di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (30/8/2016).

"Fungsi ini menurut saya penting juga untuk dijaga. Jangan sampai demi menjaga kepentingan Komisi XI kemudian kepentingan besarnya terpengaruh. Karena bapak ibu sekalian membutuhkan Menkeu yang kredibel juga, kalau menkeu sudah mulai bawa-bawa proyek, repot pak. Saya tidak tahu harus menjelaskan seperti apa," jelasnya.

Menteri Keuangan yang sekaligus sebagai Bendahara Umum Negara, kata Sri Mulyani merupakan simbol dari kredibilitas keuangan negara. Bila masuk ke dalam anggaran yang lebih rinci, seperti proyek, maka sisi kredibilitas tersebut akan hilang.

"Tapi tetap saya ingin ingatkan untuk komisi XI tolong untuk menjaga reputasi dan integritas dari Kemenkeu. Kalau sampai core-nya damage, itu nggak cuma masalah satu dua orang masuk penjara di Kemenkeu. Tapi sudah soal institusi Kemenkeu," tegasnya.
(mkl/hns/detik/amimazda.com) 
Loading...

Related Posts