Tak Pandang Bulu, Ahok akan Sikat Bangunan yang Menyalahi Aturan di Kemang

shares |

Tak Pandang Bulu, Ahok akan Sikat Bangunan yang Menyalahi Aturan di Kemang

AMIMAZDA.COM - Jakarta - Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, disorot karena acapkali tergenang banjir bila hujan mengguyur. Persoalannya, ada bangunan-bangunan di bantaran Sungai Krukut yang melintasi Kemang.

Ahok menyatakan bakal tetap tegas menertibkan bangunan di Kemang bila memang bangunan itu melanggar aturan. Aturannya, bangunan tak boleh berdiri di sempadan sungai.

"Ya sikat kalau begitu," kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta (8/9/2016).

Meski bangunan itu adalah bangunan komersil dengan modal besar, bila bangunan itu melanggar aturan, maka mau tak mau itu harus dibongkar.

"Kalau menyalahi, dia bikin sampai ke badan sungai, dia harus dibongkar," kata Ahok.

Masalahnya tak sesimpel itu. Bangunan-bangunan di sana juga tak sepenuhnya liar. Bangunan itu mengantongi sertifikat dengan kajian ilmiah yang mendasarinya. 

"Kalau Kemang Village (salah satu superblok di kawasan itu) itu ada kajian profesor-profesor loh yang bolehin," kata Ahok.

Ahok-pun tetap berpatokan pada keabsahan sertifikat. Maka solusi riilnya bukanlah 'main bongkar', namun membeli lahan dan bangunan bila memang pemiliknya menjualnya ke Pemprov DKI. 

"Kalau dia sampai badan sungai didudukin, kalau dia ada sertifikat, mau enggak mau kita harus bebaskan (dengan cara membayar). Ini yang berantem," kata Ahok.

Sebagaimana diberitakan, banjir 60 cm sempat menggenangi lokasi di kawasan Kemang, pada Rabu (7/9) kemarin. Namun tak lama, Pasukan Biru dari Dinas Tata Air kemudian membereskan genangan itu. 
(dnu/rvk/detik/amimazda.com)
Loading...

Related Posts