Jokowi di Peringkat 13 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia, Ini Respons Ketua MUI

shares |

AMIMAZDA.COM - JAKARTA; Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma'ruf Amin merespons positif nama Presiden Joko Widodo sebagai salah satu 500 tokoh Muslim yang paling berpengaruh di dunia.

Jokowi di Peringkat 13 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia, Ini Respons Ketua MUI


Survei tersebut dibuat oleh Pusat Studi Strategi Islam di Amman, Jordania.

"Saya kira bagus sekali. Artinya, tokoh kita diakui oleh pihak lain sebagai tokoh yang berpengaruh," kata Ma'ruf di Perguruan Tinggi Ilmu kepolisian, Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Menurut Ma'ruf, survei itu menunjukkan kondisi yang baik bagi Indonesia karena tokoh Indonesia bisa ikut memberikan pengaruh dan berkontribusi kepada dunia.

"Bisa memberikan kontribusi dan ada pengakuan, itu yang penting," ucap Ma'ruf.
Jokowi menempati posisi ke-13 daftar tokoh Islam paling berpengaruh ini.

Dalam keterangan yang ditulis tentang Presiden Jokowi, lembaga ini menyebut dia sebagai seorang politisi sukses dan bersih.

Menurut lembaga ini, saat menjadi wali kota, Jokowi sangat dekat dengan konstituennya dan berhasil mempromosikan Solo sebagai pusat kebudayaan Jawa.

Jokowi juga dinilai berhasil memperbaiki sistem transportasi, kesehatan, dan hubungan bisnis dengan masyarakat.

Selain Jokowi, Ketua Nahdlatul Ulama (NU) KH Said Aqil Siradj menempati urutan ke-20.

Dengan struktur kepemimpinan yang solid di tingkat daerah hingga pusat, KH Aqil Siradj tak salah jika dianggap sangat berpengaruh dalam pergerakan Islam Sunni di Indonesia.

Satu lagi nama tokoh Muslim Indonesia di daftar ini adalah Dr Din Syamsudin, pemimpin Muhammadiyah yang menduduki peringkat ke-41.

Habib Luthfi, yang menempati peringkat ke-45, saat ini adalah Rais Amm dari Jamiyah Ahli Tahriqah al-Mu'tabarah al-Nahdliyah di Pekalongan, Jawa Tengah, dan juga menjabat sebagai Ketua MUI Jawa Tengah.
Loading...

Related Posts