Kekurangan dan Kelebihan Menjual Tongsis Handphone di Marketplace

shares |

AMIMAZDA.COM - Untuk seorang pebisnis yang berkecimpung dalam dunia jual beli, sudah pasti istilah seperti marketplace merupakan hal yang tidak asing lagi. Dalam bisnis jual beli online, marketplace merupakan salah satu tempat usaha yang memiliki potensi begitu luar biasa, bahkan marketplace ini seperti pasar dalam dunia nyata. Marketplace memberikan penawaran produk baik jasa dan barang yang berbeda-beda. Adanya marketplace ini begitu dibutuhkan pebisnis untuk mendongkrak penjualan produknya, termasuk jika Anda Jual tongsis handphone. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan saat berjualan di marketplace. Apa saja itu?

Kekurangan dan Kelebihan Menjual Tongsis Handphone di Marketplace


Kelebihan pertama, marketplace merupakan tempat berkumpulnya para pembeli potensial. Sebagai sebuah pasar, sudah pasti banyak pedagang yang menjual dagangannya. Demikian pula banyak pembeli yang lewat. Jika kita memposisikan diri sebagai seorang pedagang, sudah pasti hal ini merupakan sebuah keuntungan untuk kita. Kita tidak perlu repot mendatangkan pengunjung, kita hanya perlu memanfaatkan dengan maksimal keberadaan mereka dengan sangat baik.

Kelebihan menjual tongsis handphone di marketplace yang berikutnya ialah, banyak pedagang yang berjejeran sehingga kita bisa bertukar pengetahuan. Selain pembeli, di marketplace kita juga akan menemukan pedagang. Mengapa bertemu pesaing malah senang? Tentu saja, kita bisa memanfaatkan untuk ajang sharing. Kita dapat membina hubungan yang baik dari masing-masing pedagang. Kita bisa menceritakan hambatan kita, pengalaman kita rintangan, dan Anda juga dapat berguru bersama dengan mereka. Tidak semua pesaing merupakan musuh yang harus kita kalahkan, terkadang pesaing juga bisa dijadikan sebagai partner jika kita dapat lebih akrab dengan mereka.

Ketiga, adanya rekber untuk menjamin keamanan. Untuk menjaga keamanan dalam transaksi online, biasanya pihak marketplace akan menyediakan rekening seperti rekening bersama, rekening bersama begitu bermanfaat untuk pembeli atau pun untuk penjual. Adanya rekening bersama ini akan membuat konsumen menjadi lebih nyaman saat melakukan transaksi. Kita sebagai penjual juga tidak perlu takut lagi terkena penipuan.

Terakhir, banyaknya promosi yang disediakan oleh marketplace. Biasanya marketplace akan memberikan penawaran begitu banyak promosi untuk kliennya. Hal ini begitu bermanfaat untuk Anda agar Anda lebih mengenali produk ke konsumen. Pengeluaran Anda juga akan menjadi lebih hemat karena promo ini dilakukan oleh pihak marketplace, jadi bila Anda ingin memasuki marketplace, Anda harus memilih marketplace yang memiliki banyak promo.

Selain kelebihan, marketplace juga memiliki kekurangan. Berikut kekurangan yang harus Anda hadapi jika akan jual aksesoris handphone di Bukalapak, antara lain:

  • Persaingan antara penjual berlangsung secara terbuka. Persaingan antar penjual berlangsung dengan sangat terbuka. Hal ini akan merugikan Anda bila Anda tidak dapat memanage dengan baik, saling menjatuhkan bahkan serang secara langsung pun bisa terjadi,
  • Iklan dari penjual lain lah yang sering masuk dan lebih menarik. Dengan produk tongsis yang sama, iklan dari penjual lain bisa sering masuk, secara tidak langsung sudah pasti ini menjadi masalah untuk produk yang kita jual dalam marketplace,
  • Keberlangsungan website tersebut tidak terjamin. Karena marketplace ini bukan pembeli atau penjual yang mengatur, jaminan masa depan dari web tersebut tidak dapat kita tentukan, keberlangsungan sebuah situs pun berada di luar kuasa kita. Jadi saat Anda masuk pada marketplace, Anda harus memilih mana marketplace yang memiliki masa depan yang gemilang dan umur yang cerah, bahkan memiliki potensi kedepannya,
  • Fitur search yang tidak tertarget pada tongsis yang kita jual.
Loading...

Related Posts