Tak Lagi Didukung MUI, Rizieq Ngotot Demo 212

shares |

AMIMAZDA.COM - Jakarta— Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab diperiksa sebagai saksi ahli di Bareskrim Polri selama sekitar 3,5 jam Rabu (23/11). Usai diperiksa Rizieq tetap kukuh untuk menggelar aksi demo pada 2 Desember mendatang kendati tidak lagi didukung MUI.

Tak Lagi Didukung MUI, Rizieq Ngotot Demo 212

”Aksi 2 Desember adalah unjuk rasa yang dilindungi UU 9 tahun 1998, siapapun orangnya di negara RI tidak boleh melarang aksi unjuk rasa yang dijamin UU, presiden sekali pun,” katanya di Bareskrim.

Dia lalu mengutip Pasal 18 ayat 1 dan ayat 2 dari UU 9/98 ditegaskan barang siapa yang menghalangi atau menghadang atau dengan kekerasan suatu unjuk rasa bisa di pidana satu tahun penjara.

"Jadi kalau presiden, kapolri atau siapapun mencoba untuk menghalangi unjuk rasa damai yang sudah dijamin oleh UU, maka, kata Rizieq, ”Beliau-beliau bisa di pidana selama satu tahun penjara. Jadi sekali lagi aksi 212 adalah aksi unjuk rasa yang dilindungi dan dijamin UU,” tegasnya.

Tujuan aksinya tetap sama dengan aksi bela islam pertama dan aksi bela islam kedua yaitu penahan Ahok yang disebutnya sudah menistakan agama. Jadi dia menegaskan jika aksi 212 bertujuan konstitusional untuk tujuan penegakkan hukum.

”Kita minta semua, seluruh pihak dari mulai presiden, seluruh jajarannya untuk menghargai konstitusi. Sampai ketemu, aksi 2/12 konsritusional bukan makar, bukan makar, terima kasih,” tegasnya.

Di bagian lain Rizieq juga mempermasalahkan surat panggilan Polda Metro untuk dirinya sebagai saksi pada Kamis (24/11). terkait Pasal 207 KUHP yaitu pasal terkait penghinaan kepada penguasa.

”Siapa yang jadi terlapor dalam dalam surat itu tidak disebutkan karena itu kita masih diskusikan dengan tim apa dan bagaimana cara kita menyikapi daripada surat panggilan tadi karena sebuah surat panggilan harus jelas. Saya ini mau dijadikan saksi, tapi terlapornya siapa?,” tambahnya.

Rizieq minta Polda Metro Jaya bersikap profesional dan menyiapkan surat panggilan yang lengkap pada dirinya. Jika lengkap dia siap datang selama 24 jam.

Loading...

Related Posts