Tips Bersepeda Bagi Anda yang Masih Pemula

shares |


AMIMAZDA.COM - Bersepeda adalah olah raga yang paling banyak digemari oleh para pecinta olah raga. selain mudah untuk dilakukan siapa saja, bersepeda juga dapat memberikan efek kesehatan yang nyata bagi para pelakunya. Untuk melakukan olahraga bersepeda ini memanglah sangat mudah, namun untuk dapat memperoleh manfaat yang lebih, dalam menjalankan usaha ini dibutuhkan beberapa trik serta tips bersepeda yang benar seperti yang di ulas olehAgar olahraga bersepeda yang Anda jalankan dapat memberikan manfaat yang optimal, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan jenis sepeda yang cocok untuk Anda gunakan. Baik dalam hal medan serta bentuk dari sepeda yang akan Anda gunakan. Pilihlah sepeda yang sesuai dengan peruntukkan medan yang akan Anda tempuh. Apabila Anda akan melakukan olahraga bersepeda dengan medan naik turun seperti pegunungan, maka pilihlah sepeda dengan jenis mountain bike, yang sesuai dengan medan tersebut. Begitu pula dengan medan yang lainnya, sebaiknya Anda menyesuaikan jenis sepeda dengan medan yang akan Anda lalui.

Tips Bersepeda Bagi Anda yang Masih Pemula


Tips lain dalam bersepeda yang perlu Anda perhatikan, antara lain adalah:

Tentukan rute yang akan Anda lalui, pastikan bahwa jarak dan rute yang akan Anda tempuh sesuai dengan kemampuan Anda dalam berolahraga.
Beristirahat lah dengan cukup, sebelum Anda melakukan olahraga bersepeda dengan jarak yang jauh.
Pakailah perlengkapan olahraga sepeda dengan lengkap, baik dari pakaian maupun perlengkapan keamanan yang akan Anda kenakan.
Pelajarilah teknik menempatkan gear sepeda sesuai dengan kemampuan Anda dalam mengayuh sepeda.
Bersepeda lah bersama dengan rombongan, agar Anda lebih aman dalam melakukan perjalanan berolahraga ini.

Selain tips tersebut diatas, pola makan yang seimbang serta mengandung banyak nilai gizi bagi para penggemar olahraga bersepeda memang harus selalu dijaga. Selain difungsikan untuk membangun dan membentuk energi para pengayuh sepeda, makanan dengan kandungan nilai gizi yang seimbang juga mampu digunakan untuk menambah daya tahan tubuh dari berbagai serangan kuman yang mungkin menerjang akibat lelah setelah melakukan aktivitas bersepeda dengan jarak yang jauh.

Sebelum melakukan aktivitas bersepeda dengan jarak yang jauh, tips bersepeda yang satu ini tidak boleh Anda lupakan. Pemanasan merupakan salah satu tips wajib yang harus Anda lakukan sebelum mengayuh sepeda dengan jarak yang jauh. Pemanasan ini memiliki tujuan agar otot-otot pada anggota tubuh dan anggota gerak Anda, yang akan difungsikan untuk mengayuh sepeda melakukan peregangan secara teratur terlebih dahulu, sehingga dapat Anda gunakan dengan nyaman ketika bersepeda, tanpa menimbulkan efek yang negative pada tubuh Anda. Otot tubuh yang tidak dipanaskan sebelum melakukan olahraga, maka kemungkinan besar akan mengalami kram atau tegang otot akan lebih besar.

Loading...

Related Posts