Begini Ceritaku Masak Sayur Tahu Santan Pakai Sasa Santan Kelapa

shares |

AMIMAZDA.COM - Sepulang dari desa, saya membawa banyak tahu. Maklum saja, desa saya adalah salah satu desa penghasil tahu yang cukup berkualitas. Maka setiap pulang dan kembali ke tempat merantau, saya selalu membawa banyak tahu. Bingung mau diapain, kini tahu khas desa saya akan saya jadikan sebagai Sayur Tahu Santan. 

Bumbu utama untuk Masak Sayur Tahu Santan Pakai Sasa Santan Kelapa

Sayur Tahu Santan merupakan salah satu masakan asli indonesia yang digemari oleh banyak orang. Sayur Tahu Santan terbuat dari komposisi bumbu serta bahan pilihan yang dipadu dengan rempah-rempah asli Indonesia. Acara makan-makan anda akan terasa semakin spesial dengan hadirnya sayur tahu santan di meja makan anda. 

Selain enak dan lezat, sayur tahu santan juga kaya gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Tahu memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut: energi sebesar 68 kilokalori, protein 7,8 gram, karbohidrat 1,6 gram, lemak 4,6 gram, kalsium 124 miligram, fosfor 63 miligram, dan zat besi 1 miligram.

Selain itu, tahu juga mengandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,06 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut berasal dari penelitian 100 gram Tahu, sebanyak 100 persen bisa dimakan.

Sehingga untuk kali ini, saya merangkum resep sayur tahu santan untuk anda praktekkan sendiri. Satu resep sayur tahu santan di bawah ini dapat digunakan untuk 5 porsi penyajian. Kurang dan lebihnya anda bisa menyesuaikan sendiri sesuai selera. Oh ya saat itu saya menggunakan Sasa Santan Kelapa, mengapa? Sebab rasanya sama dengan santan kelapa yang baru diperas. Aroma dan rasanya sesegar kelapa yang diperas. Juga ia tanpa pengawet lho, makanya cocok untuk semua masakan, makanan dan minuman. Ia juga dikemas dalam keadaan sudah matang dan siap pakai. 

Bahan Sayur Tahu Santan, terdiri dari: 2 buah kemasan Sasa Santan Kelapa, 25 gram kacang tolo, 5 buah tahu putih, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 2 buah cabai merah, 2 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan, 2 cm lengkuas dan 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Sayur Tahu Santan yang terdiri dari: 8 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 butir kemiri, disangrai. Juga 2 sendok teh garam, 2 cm kunyit, 1 sendok teh gula pasir, 1/2 sendok teh ketumbar dan 1/4 sendok teh merica. 

Sebelum memasak, persiapkan terlebih dahulu bahan dan bumbu Sayur Tahu Santan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Rendam kacang tolo yang telah disiapkan selama 1 jam, kemudian rebus kacang tolo tersebut.
  • Sementara menunggu kacang tolo direbus, potong tahu tahu yang telah disiapkan secara diagonal.
  • Memarkan lengkuas dan iris bulat-bulat cabai merah.
  • Buang tulang daun jeruk.
  • Haluskan bawang merah,ketumbar dan merica, bawang putih, kemiri yang telah disangrai, kunyit.
Cara Memasak Sayur Tahu Santan
  • Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya 
  • beserta cabai merah, daun salam, lengkuas, dan daun jeruk hingga tercium harum.
  • Tambahkan kacang tolo yang telah direndam dan direbus ke dalam tumisan bumbu tersebut
  • Masukkan santan, garam, dan gula pasir. Aduk hingga merata.
  • Masukan tahu yang sudah dipotong diagonal tadi, aduk sebentar hingga bumbu meresap ke dalam tahu. Masak hingga tahu matang.
  • Sajikan sayur tahu ini dengan berbagai tambahan lain, seperti taburan bawang merah goreng yang telah disiapkan. Atau bisa juga dengan kerupuk.

Silahkan di coba cara membuat Sayur Tahu Santan untuk menu keluarga sehari-hari, agar rasa lebih enak dan lezat Pakai Sasa Santan, Aslinya Santan. Selamat Memasak, Semoga Bermanfaat.
Loading...

Related Posts