Begini Cara Mudah Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Anak

shares |

AMIMAZDA.COM - Jika buah hati Anda mengalami alergi susu sapi, maka berikut ini adalah cara tepat Mengatasi alergi susu yang diderita oleh buah hati anda. Mengkonsumsi susu bagi anak kecil menjadi hal yang wajar dan umum sekali ditemukan. Bahkan susu merupakan satu produk asupan yang umum sekali diberikan kepada buah hati anda baik dalam usia balita maupun anak-anak. Akan tetapi tak jarang ditemukan anak mengalami alergi sehingga tentu saja dibutuhkan berbagai cara yang tepat untuk bisa mengatasi masalah ini. 


Susu menjadi satu produk asupan yang begitu umum diberikan kepada anak di sebagian besar masyarakat secara global. Bahkan melihat bahawa kebutuhan anak-anak akan susu pada usianya mampu membuat banyak sekali inovasi dalam produk susu yang ada. Ada banyak susu yang tentunya begitu penting untuk dikonsumsi. Mulai dari susu ASI, susu sapi, ataupun susu formula. Akan tetapi pernahkah Anda mendapati ada anak yang mengalami alergi terhadap susu? Dimana bisa jadi hal ini juga terjadi pada buah hati anda. Dimana tentu saja Anda perlu bimbingan dokter dalam mendiagnosa hal ini. Akan tetapi memang umumnya alergi susu ini memperlihatkan berbagai tanda-tanda yang bisa diperhatikan. Seperti hidung yang terus berair, kram pada bagian perut, diare, mata berair, terjadinya ruam gatal di sekitar mulut, terdapat kolik, dan lain sebagainya. 

Selain itu alergi susu ini sebenarnya bisa terjadi oleh siapa saja balik oleh orang tua maupun anak-anak. Sehingga saat anda mendapati gejala-gejala atau ciri seperti yang disebutkan diatas kemudian didukung pula dengan diagnosa dari dokter terkait dengan alergi susu sapi pada buah hati anda, maka tentu hal yang selanjutnya perlu anda lakukan ialah mencari tahu bagaimana mengatasi alergi susu sapi pada buah hati anda. Perlu Anda ketahui bahwa umumnya alergi terhadap susu ini akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan pertumbuhan buah hati anda. Akan tetapi tak jarang pula didapati anak-anak yang mengalami alergi susu hingga ia tumbuh dewasa. Maka beginilah cara yang mudah dan juga cara yang tepat untuk mengatasi alergi terhadap susu sapi pada buah hati anda. Cara yang paling mudah untuk dilakukan yang pertama tentu saja menghindari konsumsi alergen atau asupan makanan maupun minuman yang menjadi sumber alergi dalam hal ini adalah susu sapi ataupun protein susu. Sehingga buah hati anda tidak akan mengalami gejala alergi kembali. Akan tetapi mengingat bahwa ada banyak sekali produk makanan maupun minuman yang menggunakan olahan susu sapi tentu ini akan menjadi pekerjaan yang sangat sulit untuk anda. 

Umumnya dokter akan memberikan obat Antihistamin saat gejala alergi masih ringan karena obat ini berfungsi untuk mengurangi dan meredakan gejala alergi. Akan tetapi jika kemudian terjadi reaksi alergi susulan dan juga semakin parah tentu saja obat Antihistamin bukan menjadi solusi yang tepat untuk langkah selanjutnya. Biasanya dalam tahap ini dokter akan menganjurkan untuk dilakukannya perawatan di rumah sakit untuk mengantisipasi reaksi susulan yang mungkin terjadi. Nantinya penderita alergi ini akan mendapatkan perawatan lebibh intensif termasuk dengan suntikan adrenalis atau dikenal dengan sebutan epinephrine dimana suntikan ini hanya akan diberikan saat sewaktu-waktu terjadi reaksi alergi kembali. Dalam hal ini biasanya dokter juga akan memperbolehkan anda untuk membawa obat antihistamin. Akan tetapi perlu menjadi catatan bahwa obat antihistamin ini bukan merupakan obat pengganti dari suntikan epinephine saat terjadi reaksi alergi susulan. Karena obat antihistamin ini hanya sebagai pelengkap atau tambahan apabila terjadi reaksi anafilaksis.

Selain itu untuk mengurangi kemungkinan terjadinya alergi susu sapi sebagai cara lain dalam mengatasi alergi susu sapi pada buah hati anda, Anda bisa memberikan produk pengganti susu pada anak. Ada beberapa produk susu yang bisa Anda berikan sebagai pengganti susu sapi. Salah satunya adalah produk susu formula ekstensif dihidrolisis atau dikenal juga dengan sbutan susu formula hidrolisat. Jenis susu formula satu ini menjadi susu yang aman untuk dikonsumsi oleh buah hati Anda. Selain itu susu ini juga mampu menjaga kekebalan tubuh. Produk susu lain yang juga ada adalah susu kedelai yang terbuat dari sari kacang kedelai. Akan tetapi jangan sampai anda memberikan susu kedelai pada buah hati apalagi jika usianya masih dalam usia kurang dari 6 bulan. Susu kedelai bukan menjadi susu pengganti yang tepat karena susu kedelai ini mengandung fitoestrogen yang menyebabkan reaksi alergi pula pada buah hati anda terutama anak pada usia kurang dari 6 bulan. Maka hal ini tidaklah dianjurkan untuk dilakukan atau diberikan pada buah hati anda. Akan tetapi susu dengan basis asam amino justru menjadi salah satu produk susu yang juga direkomendasikan. Dimana susu ini akan membantu menjaga keseimbangan nutrisi pada tubuh.
Loading...

Related Posts