Apa Yang Harus Ibu Hamil Makan Dan Makanan Apa Yang Tidak Boleh Dimakan?

shares |

AMIMAZDA.COM - BALQIS AQIQAH JAKARTA, Untuk menghindari risiko kelahiran prematur yang tinggi, wanita hamil harus memperhatikan makanannya. lalu bagaimana cara mencegah kelahiran prematur? Informasi di bawah ini akan sangat membantu anda untuk menjawab pertanyaan tersebut.



Apa yang harus saya makan selama hamil untuk mencegah kelahiran prematur

Studi menunjukkan bahwa diet berperan penting dalam mencegah kelahiran prematur. Namun, tidak ada yang bisa memberi diet atau makanan tertentu, mana yang terbaik dan langsung mencegah kelahiran prematur.

Tapi sebagian besar setuju bahwa diet sehat dan seimbang tidak hanya akan membantu mencegah risiko tapi juga membantu menjaga janin tetap sehat.

Lantas bagaimana makanan yang dianggap lengkap dan sehat untuk ibu hamil?
Apa makanan lengkap ibu hamil?

Makan makanan secukupnya, santap nutrisi antara lain: lemak, protein, pati, vitamin dan mineral. Apalagi dengan zat berikut, hamil harus mengkonsumsi:

  • Asam folat: Membantu menghasilkan darah, mengurangi risiko cacat saraf pada janin. Mereka berlimpah dalam sayuran berdaun hijau, kacang polong, brokoli, buah sitrus, kacang-kacangan, dll.
  • Kalsium: Tidak hanya diperlukan untuk kesehatan gigi, tapi juga untuk saraf normal, jantung sehat, dll. Susu adalah sumber kalsium terbaik, dan juga ditemukan pada sayuran berdaun hijau. biji-bijian, ikan, jeruk, kacang almond, biji wijen, sayuran berdaun hijau, ...
  • Besi merupakan unsur penting dalam sel darah, yang membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Ini juga membantu mencegah stres, menghindari kelelahan, depresi dan penyakit. Ini kaya akan daging tanpa lemak, biji-bijian, kacang polong, sarden, buah kering, sayuran berdaun hijau, ...
  • Vitamin A: Berisi banyak makanan merah dan oranye seperti wortel, gac, labu, ubi jalar dan sayuran hijau, susu dan hati.
  • Vitamin D: Membantu kesehatan kulit, penglihatan yang baik, kesehatan tulang dan gigi. Sinar matahari adalah sumber yang baik dan sumber utama, selain vitamin D dalam susu, ikan berlemak, ...
  • Protein: Penting untuk semua bagian tubuh, terutama otak, otot dan darah. Mereka melimpah di daging tanpa lemak, unggas, telur, makanan laut, kacang-kacangan.
  • DHA: asam lemak omega-3, kaya akan minyak ikan berlemak, kacang polong, dan susu. Selain itu, adalah mungkin untuk mengonsumsi suplemen.

Apa makan sehat untuk ssat hamil?

  • Jangan melewatkan makan, harus membagi makanannya.
  • Penuh nutrisi dan keseimbangan.
  • Tidak bertambah berat badannya tapi tidak makan terlalu banyak.
  • Pilih makanan yang bersih, rendah bahan kimia.
  • Makan lebih banyak sayuran segar dibandingkan dengan makanan olahan, gula, garam, ...
  • Batasi alkohol, bir dan minuman ringan, alkohol, minuman kalengan.
Informasi Tambahan:

Sebuah penelitian di Amerika Serikat dengan 66.000 wanita hamil menunjukkan bahwa orang yang makan bawang putih dan buah kering secara teratur memiliki tingkat kelahiran prematur dan kelahiran yang lebih rendah.

Akibatnya, para ahli mengatakan bawang putih dan buah kering memiliki khasiat antibakteri yang baik dan kaya akan serat. Hal ini mengurangi risiko infeksi, menyebabkan peradangan - salah satu penyebab meningkatnya risiko kelahiran prematur.

Perubahan endokrin selama kehamilan memiliki efek positif dan negatif. Negatif karena mengurangi resistensi wanita hamil, menyebabkan beberapa gejala selama kehamilan, yang menyoroti fenomena morning sickness.

Beberapa makanan bisa meningkatkan masalah ini, bahkan membahayakan janin dan ibu hamil.

  • Hindari makan ikan hiu, ikan todak, makarel, dan bandeng, karena mengandung kadar merkuri yang tinggi. Ikan air tawar, salmon, ...
  • Perhatikan makanan yang dimasak (kecuali buah), terutama ikan, kerang, unggas, ...
  • Hindari alkohol, bir, rokok dan stimulan.
  • Hati-hati saat menggunakan makanan kalengan.
Tip untuk wanita hamil:

  • Morning sickness: makan biskuit utuh, biji-bijian, makan makanan kecil di siang hari. Hindari makanan yang digoreng, makanan gorengan, makanan berminyak.
  • Sembelit: banyak minum air putih, makan lebih banyak sayur dan buah.
  • Diare: Tingkatkan jumlah makanan yang mengandung pektin dan serat, seperti apel, pisang, nasi putih, oatmeal, roti.

Perawatan medis untuk kelahiran prematur

Dalam kasus persalinan prematur, Anda memerlukan perawatan medis segera. Tujuan utamanya adalah menjaga janin tetap dalam rahim selama mungkin. Berikut adalah beberapa metode medis yang umum digunakan:

1. Kolostomi.
Ini adalah bentuk operasi kecil, serviks wanita hamil akan dijahit dengan awet. Jahitan akan dilepas saat bayi sudah penuh atau pendek (tergantung situasinya).

2. Infus intravena.
Membantu mencegah dehidrasi dan mengurangi kontraksi.

3. Minum antibiotik.
Kurangi risiko infeksi dan infeksi pada janin.

4. Injeksi kortikosteroid.
Membantu paru-paru janin untuk dewasa prematur, sehingga jika bayi lahir prematur, bayi akan memiliki kesempatan bertahan lebih tinggi.

5. Magnesium sulfat.
Kurangi risiko cerebral palsy (kerusakan otak) pada bayi prematur.

6. Penghilang batuk.
Ini membantu memperpanjang waktu kerja selama beberapa hari. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, jangan gunakan metode ini.

Dengan perawatan medis ini, sekitar 30% akan berbulan penuh, dan 10% akan dikirim dalam minggu depan.

Kelahiran prematur adalah fenomena yang berkembang di masyarakat modern. Jika seorang ibu terancam melahirkan prematur dan tidak mendapat perawatan yang tepat, anak tersebut akan lahir prematur dan menghadapi banyak risiko. Semoga artikel ini akan membantu Anda merencanakan kehamilan Anda dan merawat diri Anda saat hamil dengan baik.
Loading...

Related Posts