Apakah Gatal Tanda Hamil? Begini Penuturan Ahli

shares |

AMIMAZDA.COM - Kehamilan merupakan suatu proses yang harus dilalui oleh wanita dengan berbagai macam kondisi. Tumbuhnya makhluk hidup di dalam perut membawa berkah serta cobaan tersendiri. Terkadang mereka tidak menyadari munculnya janin tersebut hingga merasakan tanda-tanda tertentu. Lalu Apakah gatal tanda hamil? Berikut Penuturan ahli

Apakah Gatal Tanda Hamil? Begini Penuturan Ahli

Apakah Gatal Tanda Hamil?

Saat janin di dalam rahim mulai tumbuh, hal ini juga dibarengi dengan meningkatnya berbagai hormon pada tubuh sang ibu. Salah satu perubahan yang bisa terjadi adalah rasa gatal yang muncul mulai dari trimester satu hingga trimester ketiga. Hal ini terjadi karena perut mengikuti ukuran pertumbuhan janin di dalam rahim.

Rasa ketat yang muncul pada area perut merupakan hal yang wajar, hal ini juga bisa dibarengi dengan rasa gatal yang sangat mengganggu. Kondisi ini kemungkinan sebagai respon imunologi terhadap antigen dari janin yang bersikulasi. Ditambah dengan meningkatnya suplai darah ke kulit yang menyebabkan sensitivitas kulit juga mengingkat. 

Menurut seorang dokter kandungan Ray Kamali MD, berbagai penelitian menunjukkan bahwa ruam biasa dimulai dengan munculnya strechmark pada tubuh. Yang paling berisiko mengalami hal tersebut adalah ibu yang mengandung anak kembar yang mengalami kenaikan berat badan secara drastis saat hamil.

Rasa gatal yang dirasakan oleh ibu hamil ini biasanya muncul saat memasuki trimester kedua atau ketiga. Menurut Jules Robertson, seorang bidan dari Inggris, keluhan gatal ini akan muncul ketika usia kandungan mencapai 28 minggu. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk merasakan gangguan ini ketika usia kandungan masih primester pertama.

Cara Mengatasi

Bagi Anda yang tengah hamil dan merasakan gatal yang tidak menyenangkan, cobalah untuk selalu menjaga kelembapan kulit tubuh karena kondisi kulit yang kering bisa memperparah keadaan. Pilihlah sabun mandi dengan Ph normal serta oleskan pelembap atau lotion sehabis mandi untuk membantu Anda menjaga kelembapan kulit. 

Di samping itu, Anda juga harus mengonsumsi air putih denga cukup agar terhindar dari dehidrasi. Kulit yang kering merupakan salah satu dampak dari dehidrasi. Selain itu hindari berendam di air panas atau hangat terlalu lama karena hal itu dapat menyebabkan iritasi kulit yang memicu rasa gatal. 

Saat rasa gatal mulai muncul, sebisa mungkin hindari menggaruk bagian tersebut karena akan membuat kulit luka. Untuk meredakannya cukup kompres dengan air dingin atau air es. Selain itu gunakan pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan katun agar keringat terserap dengan baik sehingga tidak membuat rasa gatal yang muncul menjadi semakin parah

Apakah gatal tanda hamil? Ya, gatal merupakan tanda kehamilan yang biasa muncul pada wanita hamil. Meski begitu Anda hendaknya memakai test-pact untuk memastikan kebenarannya. Jika Anda masih ragu, silahkan kunjungi dokter terdekat. Nah, untuk Anda yang ingin mendapatkan informasi seputar kehamilan lainnya kunjungi saja orami.co.id.
Loading...

Related Posts