Rika Rafika

shares


rika rafika
Rika Rafika, lahir di banjaran, kabupaten bandung, 17 januari 1979, anak bungsu dari dua bersaudara pasangan Enan Cardiana dengan Sula Nengsih. adalah seorang seniwati otodidak yang karirnya di awali dari seorang penari dan dan kini eksist sebagai penyanyi dan presenter. Tahun 2007 berhasilmenyelesaikan pendidikan formalnya pada jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat, FIKOM, UNPAD, dan memperoleh gelar sarjana sosial (S.Sos).

Perjalanan karirnya dimulai sejak kelas 3 SD hingga berbagai kejuaraan telah diraihnya, antara lain, JUARA 1 Pasanggiri Jaipongan se JAWA BARAT (1989),JUARA 1 PASANGGIRI Kawih Sunda karya Mang KoKo se JAWA BARAT(1999).juara Pasanggiri Tembang Sunda HUT PT. pindad ke-17 (2000), HUT Korpri ke 32 (2003), Juara Pasanggiri dan Festival Sinden Tingkat Nasional, piala Tiim Patimah (2004). Selain sukses dipanggung-panggung Festival, kesuksesannya juga dibuktikan dengan beberapa kali menjadi Duta Seni ke beberapa Negara, seperti Rumania, Scotlandia, Yugoslavia, Yunani, Abudabhi, Perancis, Belanda, Jepang, Korea, dan berbagai Negara lainnya .
Mulai terjun ke dunia Rekaman suara tahun 1996 hingga mengeluarkan beberapa album Degung, Jaipongan dan Pop Sunda, diantaranya album Dalinding Asih, Bentang Midang, Rujak Cuka dan album terbaru Ronggeng Imut .
Karirnya melejit pada tahun 2005 setelah menjadi presenter kawih sunda interaktif dan meluncurkan Album Pop Sunda yang berjudul "Dalinding Asih" .
Nama ini pula sampai sekarang melekat di hati Masyrakat Jawa Barat dan para penggemarnya, sehingga dikenal dan dijuluki "Rika Rafika Si Dalinding Asih tea" .

Aktifitasnya kini antara lain menjadi Presenter acara Kawih Sunda Interaktif "Dalinding Asih" Bandung TV, Presenter beberapa acara variety Show di TVRI Jabar, MC (Master of Ceremony) dan menyanyi pada acara-acara off-air. Pernah mengikuti sebuah acara reality show "Super Soulmate" Indosiar, hingga mulai sekarang dikenal di event Nasional.

Related Posts