Moms, Apa Saja Faktor Penunjang Kecerdasan Anak?

shares |

AMIMAZDA.COM - Kecerdasan anak banyak dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan. Berdasarkan penelitian, secara dominan kecerdasan anak ternyata diturunkan dari ibu dengan persentase lebih besar.


Nutrisi yang Tepat Penting Untuk Perkembangan Otak Anak

Selain faktor genetik, kepintaran anak usia dini juga dipengaruhi oleh bagaimana proses pembentukan otak. Nutrisi adalah salah satu komponen penting yang mempengaruhi perkembangan otak si kecil. Kematangan sel-sel otak dapat ditunjang dengan protein, phospholipids, sphingomyelin, asam linoleat, DHA dan kolin.

Nutrisi banyak diperoleh dari makanan yang bergizi. Misalnya untuk menunjang kecerdasan anak usia 2 tahun, maka jumlah protein dan zat bergizi lainnya harus seimbang. Anak sebaiknya mengkonsumsi banyak protein di masa golden age. Selain itu, gaya hidup yang baik juga harus diimbangi dengan olahraga dan menghindari terlalu banyak gula.

Stimulasi juga merupakan kegiatan yang dapat memaksimalkan kecerdasan otak anak. Mengarahkan anak kita pada kegiatan yang bisa menstimulasi saraf otak sangat penting untuk dilakukan. Terutama ketika anak berada pada fase Golden age. Nutrisi yang memadai dan stimulan yang baik akan sangat efektif membentuk kecerdasan anak kita. Aktivitas seperti mengenalkan warna, bentuk dan apa yang ada disekitar anak dan juga mengajarkan cara berhitung melalui lagu atau alat peraga yang sederhana adalah salah satu contoh stimulasi yang bisa moms coba.

Kecerdasan Buah Hati Dominan dari Ibunya

Kecerdasan anak perempuan dan laki-laki menurun dari siapa? Jawabannya adalah sama yaitu dominan dari ibu. Anak memiliki kecerdasan yang diturunkan dari ibu dan siap untuk dikembangkan ketika mereka lahir ke dunia. Berbagai stimulasi akan membuat sinaps otak semakin berkembang dan kecerdasan pun dapat menjadi optimal.

Semakin banyak aktivitas motorik kasar dan motorik halus yang dilakukan oleh anak, maka mereka akan dapat memaksimalkan potensi kecerdasannya. Kecerdasan sendiri mencakup banyak aspek. Misalnya kecerdasan visual spasial, interpersonal, intrapersonal, dan masih banyak lagi.

Kesimpulannya, kecerdasan adalah suatu potensi yang dipengaruhi faktor genetik. Setelah bayi dilahirkan, maka nutrisi yang dikonsumsi baik melalui ASI maupun makanan lainnya sangat berarti. Kebutuhan nutrisi yang sangat dibutuhkan anak untuk kecerdasannya adalah protein, DHA, phospholipids, asam linoleat, kolin, dan sphingomyelin.

Selain itu, untuk meningkatkan kecerdasan anak dibutuhkan stimulasi yang sesuai usianya. Stimulasi sebaiknya diberikan oleh orangtua dan orang-orang di lingkungan sekitar untuk mereka. Kebutuhan nutrisi dan stimulasi harus diperoleh anak secara optimal. Jadi, si kecil akan bisa mencapai kemampuan maksimal dan mengembangkan potensinya.
Loading...

Related Posts