Berikut Beberapa Kebiasaan yang Menjadi Pemicu Terjangkitnya Kanker Serviks

shares

AMIMAZDA.COM - Hingga saat ini kanker serviks masih menjadi penyakit yang menakutkan bagi kaum wanita. Pasalnya penyakit ini bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani sesegera mungkin. Jumlah kematian akibat kanker serviks sendiri terbilang tidak sedikit sehingga perlu diwaspadai. Kanker serviks merupakan penyakit kanker yang tumbuh dan berkembang di leher rahim wanita (serviks). Leher rahim sendiri adalah saluran yang menghubungkan vagina wanita dengan rahim. Penyebab terjadinya kanker serviks dikarenakan adanya infeksi virus HPV (Human Pavilloma Virus). Virus ini sangat mudah menjangkit ke dalam tubuh manusia.

Berikut Beberapa Kebiasaan yang Menjadi Pemicu Terjangkitnya Kanker Serviks

Adanya suatu penyakit tentu dilatarbelakangi oleh berbagai faktor, begitu juga untuk penyakit kanker serviks. Anda perlu mengetahui beberapa penyebab kanker serviks agar bisa melakukan pencegahan sejak dini. Terlebih jika mengingat gejala kanker serviks yang baru bisa diketahui saat kanker sudah berada di stadium akhir. Beberapa penyebab kanker serviks, yaitu:

Kebiasaan merokok.

Dari hasil riset ditemukan bahwa pada wanita yang merokok lebih beresiko terkena kanker serviks. Hal ini dikarenakan di dalam rokok terkandung zat-zat yang mampu merusak DNA sel-sel serviks. Selain itu zat-zat dalam rokok juga bersifat karsiogenik yang bisa membuat aktivitas virus HPV semakin meningkat. Sehingga kemampuan tubuh untuk melawan virus ini akan semakin melemah.

Melakukan hubungan seks di usia dini.

Melakukan seks di usia dini memang tidak disarankan. Salah satu alasannya dikarenakan organ reproduksi di usia tersebut belum sempurna. Itulah sebabnya pernikahan di usia dini tidak dianjurkan. Pada wanita berusia 17 tahun ke bawah akan mengalami resiko dua kali lebih besar terkena kanker serviks dibandingkan dengan yang tidak. Untuk itu, penting sekali memberikan pendidikan seksual pada anak sedini mungkin.

Kurang menjaga kebersihan pakaian dalam.

Kebiasaan yang satu ini juga menjadi pemicu terjangkitnya kanker serviks. Sehingga disarankan selalu menjaga kebersihan pakaian dalam dan rutin mengganti pakaian dalam setiap hari. Saat mengalami menstruasi, jangan malas untuk mengganti pembalut sesering mungkin agar bakteri tidak berkembang biak di sekitar area kewanitaan.

Sering berganti-ganti pasangan seksual.

Cara penularan virus HPV bisa melalui hubungan seksual. Sering berganti-ganti pasangan seksual akan lebih rentan terjangkit virus ini. Untuk itu hindari kebiasaan ini jika tidak ingin terkena kanker serviks. Selain itu lakukan pemeriksaan pap smear secara rutin sebagai upaya pencegahan.

Penggunaan alat kontrasepsi yang salah.

Hal ini juga turut menjadi penyebab terjadinya penyakit kanker serviks. Untuk menghindari hal ini terjadi, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mendapatkan alat kontrasepsi yang tepat.

Kanker serviks biasanya tidak akan menunjukkan gejala saat masih memasuki tahap awal. Sehingga terkadang penderitanya sendiri tidak akan sadar jika sudah terjangkit kanker serviks. Gejala akan terlihat saat sudah memasuki stadium 2 bahkan lebih, sehingga tak heran jika penanganannya menjadi lebih sulit. Gejala-gejala yang biasa terjadi, seperti keputihan terus-menerus dan mengalami pendarahan setelah melakukan hubungan seksual. 
Loading...

Related Posts