Resep Serta Cara Membuat Mie Ayam Yang Lezat dan Mudah Dibuatnya

shares |

AMIMAZDA.COM - Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan sebuah hidangan lezat yang bernama mie ayam? Pastinya kita sudah sangat mengenal betul dengan hidangan yang satu ini. Ya, sesuai dengan namanya, mie ayam ini akan disajikan dengan topping daging ayam suwir yang sudah dimasak dengan bumbu. Untuk menambahkan citarasa yang semakin sempurna, kita juga bisa menambahkan bawang daun atau bawang goreng di atasnya. Bahkan, mie ayam tersebut akan semakin perfect jika disantap dengan pangsit yang renyah kriuk-kriuk lho. Mengingat akan hal itu, maka tak heran pula jika tidak ada satu pun diantara kita yang berani menolak akan kelezatan mie ayam. Nah, berbicara soal mie ayam, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan resep mie ayam khas Jawa Timur beserta cara membuatnya :

Resep Serta Cara Membuat Mie Ayam Yang Lezat dan Mudah Dibuatnya


1. Mie Ayam Khas Jawa Timur 

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

- 200 gr lemak ayam

- 3 siung bawang merah

- 2 ruas jahe (memarkan / geprek)

- 2 ruas kunyit (memarkan)

- 10 lembar daun jeruk

- 3 lembar daun salam

- ½ sdt ketumbar

- ½ sdt jinten

- 5 butir kemiri

- ½ sdt garam

- 1 sdt kaldu bubuk

- 500 gr ayam fillet

- 120 gr kecap manis

- minyak goreng untuk menumis

Bahan-bahan kuah

- tulang ayam secukupnya

- 1,5 liter air


- 4 ruas jahe (memarkan)

- 4 siung bawang merah

- 4 siung bawang putih

- 1 sdt garam

- kaldu bubuk secukupnya

Cara Membuatnya : 

- Untuk minyak ayamnya, silahkan cuci bersih lemak ayam tersebut, iris bawang merah dengan jahe yang sudah digeprek tadi. Setelah itu tuangkan sedikit minyak, lalu tumis bawang merahnya sampai harum. Masukkan pula lemak ayam hingga warnanya kecoklatan, dan masaklah dengan api yang kecil saja. Setelah dingin, angkat dan sisihkan kedalam wadah.

- Untuk bumbu ayamnya, cuci bersih ayam fillet lalu potong dadu dan sisihkan. Haluskan jintan, lada, ketumbar, kemiri, dan jahe dengan menggunakan blender agar lebih cepat. Setelah bumbunya halus, tumis selama 15 menitan, masukkan ayam filletnya, kemudian aduk-aduk lagi agar dapat meresap sempurna. Tuangkan kecap manis, kaldu bubuk , dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk lagi hingga merata.

- Untuk kuahnya : silahkan goreng bamer dan baput sampai warnanya kecoklatan dan sisihkan. Cuci bersih tulang ayam, rebus dalam panci. Susul dengan ayam, jahe, garam, dan kaldu ayam sambil diaduk-aduk. Setelah itu, masukkan bawang yang sudah digoreng tadi. 

- Untuk meracik ayamnya : masukkan 2 sdm minyak ayam, kaldu, lada, garam, kecap asin, dan aduk-aduk hingga merata lalu sisihkan. 

- Rebus air untuk merebus mie, sawi, dan bakso. Jika sudah matang, masukkan mie ke dalam mangkok yang sudah berisikan racikan minyak ayam tadi. Susunlah toppingnya seperti bakso, sawi, bumbu ayam, dan kuahnya. Setelah itu, taburi dengan daun bawang dan bawang goreng agar lebih nikmat. 

- Mie ayam khas Jawa Timurnya sudah siap untuk disantap selagi masih hangat.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Demikianlah ulasan singkat mengenai resep dan cara membuat mie ayam yang lezat dan simple. Dengan begitu, kamu pun tidak perlu lagi membelinya diluar dan bisa memakan mie ayam sepuasnya!

Loading...

Related Posts